Macam Macam Administrasi Server Beserta Pengertiannya



ADMINISTRASI SERVER


Setiap Server pasti harus ada yang menjaganya. Karena sifat Server yang Rentan terhadap Peretasan harus ada Seseorang yang menjaganya, Penjaga itulah yang biasa disebut Admin Server. Ia harus rela menjaga server Setiap waktu guna menjaga keamanan suatu server.

Admin Server adalah suatu bentuk pekerjaan yang dilakukan oleh administrator jaringan yang mempunyai tugas untuk membuat server, mengelola jaringan, memonitor jaringan , dan mengamankan transfer data.


Berikutnya adalah berbagai macam aplikasi server yang biasa digunakan para admin suatu server, untuk menjalankan jaringan :
Sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host atau domain dalam bentuk basis data yang tersebar dalam suatu jaringan komputer. 
Fungsi DNS adalah untuk menerjemahkan nama komputer ke IP Address

  • DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol )
Sebuah mekanisme yang memungkinkan sebuah server memberikan IP Address kepada Client.
Fungsi DHCP Server adalah sebagai pendistribusi IP secara otomatis kepada setiap client yang terhubung dengan jaringan komputer.

  • FTP ( File Transfer Protocol )
Suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung TCP/IP
Fungsi FTP adalah melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan.

Software yang dmemberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP dan HTTPS dari Clien dan mengirim balik dalam bentuk halaman web.
  • Mail Server
Program yang mendistribusikan File/Informasi Sebagai respon atas permintaan yang dikirim via email. Juga digunakan pada Bitnet untuk menyediakan layanan Serupa
  • Samba
Program yang menjembatani kompleksitas berbagai platform SO linux dengan mesin Windows yang dijalankan dalam 1 jaringan komputer
  • Proxy
Server yang diletakan antara suatu aplikasi Client & aplikasi Server yang dihubungkan. Proxy server berfungsi sebagai Filtering Blok page pada setiap server. Maupun Bypaasing.

Dan masih banyak lagi Server yang terdapat didebian 
Untuk Konfigurasinya saya akan update minggu depan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Macam Macam Administrasi Server Beserta Pengertiannya"

  1. This is extraordinarily simple to arrange, and their assist agents will help should you need help. You need an e-wallet in Euro, you must be verified by the e-wallets and online bookmakers , and you might also|you may also|you 온라인카지노 may additionally} need a digital private network to get around ISP blocks that redirect gambling web sites to “warning.or.kr”. During the four years when the web sites were in operation, they collected winnings of about SKW one hundred twenty billion ($92.12 million).

    BalasHapus